Selasa, 12 Juli 2022
KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN SAAT ANAK MEMASUKI JENJANG SD/MI
TK AR-ROJA Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah menyelenggarakan Diskusi terpumpun bersama guru kelas 1 Sekolah Dasar, pada hari Rabu, 6 Juli 2022.
TK AR-ROJA mengundang guru kelas 1 di SDN Tanjungsari dan MI AR-ROJA. Dua Lembaga ini jenjang Sekolah Dasar yang secara geografis terdekat dengan TK AR-ROJA.
Kegiatan diskusi ini bertema, Kompetensi yang diharapkan saat anak memasuki jenjang SD/MI.
Tema ini dipilih sebagai bahan pertimbangan bagi TK AR-ROJA dalam menyusun program pembelajaran di Tahun 2022/2023.
Sebelum memulai diskusi, disampaikan materi pengantar oleh Raisatul Hafsah, guru kelas TK AR-ROJA yang memaparkan capaian pembelajaran pada fase pondasi.
Diskusi yang dipandu oleh Aini Mardiyah, sebagai Kepala TK AR-ROJA, diawali dengan pertanyaan pemantik untuk para guru Kelas 1 SD dan MI, “Lebih baik mana peserta didik yang dari PAUD atau dari rumah langsung?"
Mendapat jawaban bahwa, tidak selalu dilihat dari latar belakang lulusan PAUD atau tidak. Tergantung pembekalan fondasi yang dibawa baik dari lembaga PAUD atau rumah.
Lalu kompetensi apa yang diharapkan dimiliki oleh anak saat memasuki SD/MI agar di jenjang PAUD dapat memberi pelayanan yang tepat pada peserta didik sebagai bekal?
Kompetensi yang diharapkan adalah; Pertama, Literasi. Kedua, Mengenal simbol huruf dan angka. Ketiga, Pembiasaan baik, seperti kemandirian, dan membuang sampah pada tempatnya.
Dari diskusi ini, kami TK AR-ROJA mendapat gambaran bahwa di kelas satu anak dituntut untuk dapat memahami materi pelajaran, sehingga perlu bekal yang cukup bagi anak untuk memasuki jenjang SD/MI. Sedangkan TK AR-ROJA selama ini dalam hal literasi dan numerasi, tidak fokus pada calistung. Hanya pengenalan dan kegiatan belajar bermain pra-membaca.
Selama ini TK AR-ROJA lebih mengedepankan Pendidikan karakter, dengan pertimbangan pada usia TK (4-6 tahun) adalah masa yang tepat untuk menanamkan pembiasaan baik. Belajar bersosialisasi, berbagi, menghargai teman, bertanggung jawab, mandiri, bersikap santun, di saat anak mulai memiliki teman dan lingkungan baru di sekolah. Dan karakter baik ini diakui sangat membantu guru kelas satu di jenjang sekolah dasar dalam mendidik.
Diskusi ini dilanjutkan dengan Rencana Tindak Lanjut, sebagai berikut:
Pertama, TK AR-ROJA akan lebih meningkatkan kompetensi Calistung dengan metode yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.
Kedua, Estafeta pembiasaan baik di jenjang selanjutnya, agar karakter baik yang sudah ditanamkan di jenjang PAUD dapat terus tumbuh dan melekat pada anak.
Ke depan akan diagendakan kembali Diskusi terpumpun dengan guru kelas awal (Kelas 1 dan 2) SD/MI dengan melibatkan lebih banyak lagi SD dan MI dimana alumni TK AR-ROJA melanjutkan pendidikan, yaitu MI AT-Tarbiyah, MI Al-Khoeriyah, MI Ar-ROJA dan SDN Tanjungsari.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar